YE1ZAT on Top Band, CQWW 160m CW 2007

CQWW 160m CW 2007, Minggu, Januari 28, 2007 1:37 PM

Oleh OM Jo, YC0LOW

http://topbanddxdiindonesia.blogspot.com

Setahun yang lalu, di malam pertama terjaring 34 stasiun dalam log YC0LOW. Jumlah tersebut jauh lebih banyak dari pada yang tercatat di malam pertama kontes di tahun 2007 ini, yaitu 16 stasiun saja. Umumnya, yang terdengar hanya dari Eropa, Asia dan Oceania. Tidak ada stasiun dari Amerika Utara apalagi Amerika Selatan. Ini membuktikan bahwa kondisi propagasi Top Band (160m) memang tidak bisa dibilang baik. Misal, negara-negara tetangga dekat: VK, ZL, HS, VQ9, HL, dan JT, tidak terdengar.

Peserta kedua dari YB-land dalam kontes ini adalah YE1ZAT, stasiun kontes Orari Lokal Bekasi yang penampilannya di Top Band selalu impresif.
Sinyalnya kuat sampai Tree, N6TR, di Oregon, AS menulis kepada saya pada ON4KST Chatline bahwa dia mendengar sinyal dari Bekasi tersebut, namun panggilannya tiada berjawab. beberapa stasiun dari Eropa juga mengirim spotnya tentang YE1ZAT. Bob, YB5AQB tidak muncul karena dia telah berada sementara di Irak dengan nama-panggilan YI9CC. Tidak terdengar stasiun YB dan/atau YC lainnya.

YC0LOW dan YE1ZAT sempat berada dalam satu frekuensi untuk menjawab panggilan cq contest dari BA4RF. Stasiun Cina ini mengirim sinyal yang sangat kuat, namun lebih banyak gagal dalam menerima panggilan dari stasiun lawan sehingga pada DX Cluster dia dijuluki ‘NO EARS,’ sebuah ungkapan yang kurang baik konotasinya bagi DXer.

Salah satu penyebabnya, saya kira, adalah BA4RF tidak menggunakan antena RX sehingga hanya antena TX-lah yang dijadikan andalan untuk penerimaan. Tentu saja, dalam kontes, di mana band sangat dipenuhi, ini tidak memecahkan persoalan. Dalam ‘persaingan’ kami, YE1ZAT berhasil mendapat lebih dulu. Selamat untuk OM Arif dkk. Hingga waktu sebelum subuh tiba (WIB), YC0LOW tidak juga berhasil, he he…

Antena RX yang digunakan pada YC0LOW adalah dua buah single-wire Beverage, masing-masing sepanjang 200 meter, tinggi 3 meter. Keduanya berfungsi baik. Tadinya saya berencana mendirikan satu antena RX tambahan jenis Phased Pennant, dua buah antena RX tipe Pennant yang difasakan pada jarak tertentu. Model ini di-endorse oleh Gary, KD9SV, untuk digunakan dalam DXpedition 5A1A silam yang sangat berhasil. Namun, rencana saya gagal karena pada Sabtu siang, saya harus mengerjakan hal lain di luar rumah. Padahal, kawat (antena dan coax RG58), transformer dan coax-combiner-nya sudah siap.

Walau tidak semua stasiun dari negara tetangga terdengar, hati cukup gembira bertukar RST dengan Stan, diplomat Ceko eks-YB0AJR, mengoperasikan 3W3W.

Bagaimana kondisi di malam kedua? Stay tuned, pse.

Hari Kedua CQWW 160m CW 2007 Senin, Januari 29, 2007 7:33 AM

Oleh OM Jo, YC0LOW

http://topbanddxdiindonesia.blogspot.com

Hari Kedua. YE1ZAT terdengar masih aktif dan bersemangat. Tambahan tujuh

negara saya dapatkan sehingga jumlahnya menjadi 19 negara DXCC. Utamanya saat dinihari (WIB) kecuali VK6VZ/6 yang ‘worked’ selepas sun-set (WIB). Hanya satu yang benar-benar negara baru dalam koleksi, yaitu: YU1LA, menjadi 101 buah (worked). Ini dimungkinkan karena kondisi propagasi ke Eropa membaik sejak 2130Z.

Ketukan CW mereka tersebar dari 1810 KHZ, frekuensi terbawah pada band-plan

Top Band (160m) di Region 1, sampai dengan 1846 KHZ. Band sangat padat di Eropa.

Jadi, tidak heran bila pekerjaan re-tuning menjadi keharusan bila ingin ‘mengejar’ stasiun baru yang bekerja pada frekuensi di luar resonance bandwith dari antena TX. Di ujung sana, saya yakin masalah mereka lain lagi, yaitu interferensi.

Menjelang subuh (WIB) saya ubah taktik menjadi hanya mengejar stasiun dari

negara baru. Itu sebabnya saya memanggil YU1LA tersebut di atas. Upaya memanggil 4O1A tidak berhasil sehingga kehilangan poin. Tapi entitas Serbia sudah ‘masuk ke saku’ saya. Lewat chat-line, stasiun-stasiun dari Slovenia dan Rusia mengajak saya untuk ber-QSO. Tentu saja tidak dilayani karena hal itu dilarang dan memang bukan begitu cara berkontes (pada gentlemen’s band ini).

Selain dua yang disebut tadi, beberapa stasiun Eropa yang masih terdengar baik saat sun-rise di Cinere antara lain: OM0WR, OM8A, HG3DX, C4M, HA6NL. Sebuah kesempatan langka bila berharap bisa mendengarkannya pada hari-hari biasa…

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s